Kamis, 28 November 2019

Jelang Akhir Pendataan Situs EMIS Down dan Mogok, Begini Solusinya

Pendataan emis atau Education Managemen Information System merupakan satu hal yang pokok bagi setiap lembaga pendidikan dibawah binaan kementerian agama. Karena betapa pentingnya data-data tersebut maka setiap lembaga diwajibkan melakukan updating data secara keseluruhan mulai data siswa, PTK, Profil, Sarpras, Lulusan dan lain sebagainya. Untuk melakukan updating data emis dapa dilakukan melalui link web aplikasi http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah . Situs emis mampu menampung seluruh data kelembagaan mulai jenjang RA, MI, MTs, MA, Pontren bahkan Perguruan Tinggi.

Diawal dibukanya pendataan situs emis terlihat lancar-lancar saja untuk melakukan input data terutama data siswa baru. Namun menjelang akhir pendataan ditutup situs emis sama sekali tidak bisa diakses. Kalaupun bisa hanya beberapa saat setelah itu mogok lagi gak mau jalan. Bensin habis kali ya atau mungkin memang lagi rusak sehingga perlu dibawa ke bengkel.

Jelang Akhir Pendataan Situs EMIS Down dan Mogok, Begini Solusinya
Entah apa yang merasukimu emis,  sampai membuat para operator kesurupan,, yang kerasukan emis yang kesurupan operator. Terika-teriak gak jelas input satu siswa nunggu berjam-jam. Itu kalau dulu kalau sekarang udah enggak ya. Sekarang kalau pas lagi lancar si emis begitu anda klik simpan ya langsung nongol si hijau "Simpan Data Berhasil/Sukse" lupa gak pernah perhatiin.

Dari-waktu ke waktu memang sudah lumayan baik nih peningkatan pengelolaan situs emis. Mulai dari pengembangan sistem, user interface, server dll sudah terasa ada peningkatan hal ini perlu kita beri apresiasi untuk tim pengembang sistem informasi EMIS.
Namun ternyata tetap saja masih ada kekurangnaya, apa itu kekuranganya ?
Saat situs dikeroyok user yang banyak maka situs emis akan overload akibatnya situs ngadat alias macet, alias loading terus alias muter-muter gak berhenti-berhenti. Terkadang juga kena error PHP atau mungkin juga BAD GATEWAY dan masih banyak lainya eror di emis.

Penyebab Emis Lemot

Mengapa hal tersebut bisa terjadi (Situs Emis Menjadi Lemot ) ?
Hal ini bisa disebabkan berbagai faktor diantaranay :
  1. Trafic yang sangat Tinggi, jika sebuah website dibanjiri oleh visitor tentu saja ini satu hal yang bagus namun ada hal negatif yang ditimbulkan  dari banyaknya visitor website yang mengunjungi situs dalam waktu yang sama. Tentu saja website akan bekerja ekstra untuk melayani request memproses data dari user atau visitor atau pengunjung sama saja namanya. 
  2. Kualitas Server, mungkin saja kualitas server yang dipakai oleh emis ini masih belum sesuai dengan kebutuhan, buktinya saat pengguna website membeludag dalam waktu bersamaan sudah pasti kita rasakan website emis langsung overload sehingga sangat sulit diakses.
  3. Pengkodean / source code yang dibangun belum efektif. Didalam pembuatan sebuah website tidak hanya algoritma, keamaan, dan user interface yang perlu diperhatikan. Penyusunan Source Kode juga harus diperhatikan. Dalam hal ini kemungkinan situs emis dibangun menggunakan source code yang belum disederhanakan. Jadi source code sangat panjang sehingga mengakibatkan resource tinggi dan bisa saja overhead.
  4. dan masih banyak lagi penyebab lainya gak penting untuk dibahas.
Dari penjelasan yang sedikit ngawur diatas mungkin sahabat operator jadi tau kenapa kok situs emis jadi susah diakses, ya intinya overload, resource tinggi sehingga server jadi mogok.
Lantas bagaimana solusi dari situs emis yang sering down/overload/overhead ?
Tidak ada Solusi yang Benar-Benar "Benar". Kita hanya bisa berusaha sesuai kemampuan masing-masing khusus bagi operator berikut ada tips untuk mengatasi sistus emis susah dibuka.

Tips Mengatasi EMIS Lemot atau Loading Lama

  1.  Kerjakan Tugas Operator anda terutama input data emis pada saat orang-orang tertidur. Itu artinya adalah jam-jam malam mulai jam 23.00 sampai pagi dini hari. Kenapa demikian ? karena jam-jam segitu biasanya pengguna lain pada tidur, jadi situs agak longgar maka beruntunglah bagi kalian yang sering terjaga alias melek bengi.
  2. Kerjakan Updating emis jauh-jauh hari sebelum mendekati hari akhir (Bukan Kiamat) maksudnya mendekati deadline. Karena biasanya normalnya manusia apalagi operator yang super ndablek kalau belum detik-detik akhir pendataan belum mulai mengerjakan.  Jadi gunakan kesenggangan situs emis di awal-awal dibukanya pendataan.
  3. Percepat Koneksi Internet anda. Meski banyak yang bilang tak begitu berpengaruh alias sama saja namun saya sudah membuktikan sendiri dengan menggunakan speed 20 Mbps nyatanya EMIS Alhamdulilah masih sama macet gak mau jalan.
  4. clear chace. Banyak yang bilang kalau gak bisa login, loading lama lakukan saja hal ini yaitu Clear Chace. Dan Alhamdulilah hasilnya luar biasa masih sama emis tetep saja mogok.
itulah beberapa tips dan kiat-kiat untuk para operator agar tidak terjebak depresi deadline akhir saat pendataan emis. Jika anda melakukan poin satu dan dua dijamin misi anda akan sukses dalam melakukan updating emis dengan syarat situs emis sehat walafiat.

Sekarang adalah tips untuk tim pengembang emis agar emis tidak mudah mogok dan bikin setres seluruh operator seindonesia.
  1. Upgrade Server ke yang paling mahal.
  2. Kalau poin nomor satu tidak bisa dilakukan. Maka buatlah pendjadwalan untuk updating emis masing-masing jenjang agar tidak terjadi penumpukan visitor dalam sekali tempo waktu.
  3. Kalau 1,2,3 tidak bisa dilakukan buatkan aplikasi offline / semi offline jadi operator bisa mencicil pekerjaan pada mode offline tidak bergantung mode online. (Tiru Dapodik)
  4. Sederhanakan kode program (Source Code)
  5. Saya rasa cukup.
Dari semua pembahasan diatas anda bisa menilai sendiri mana yang harus diperbaiki entah operatornya atau emisnya saya tidak mau menilai biar anda sendiri yang menyimpulkan. Intimya tergantung masing-masing individu dalam menyikapi. Tim pengembang sudah berusaha keras dalam membuat sistem sebaik mungkin, sebaliknya operator juga harus lebih bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Jikalau memang ada kesempatan untuk bisa masuk ke emis dan lancar ya segera dikerjakan tidak usah menunda nunda. Nanti kalau ditunda-tunda yang rugi kita sendiri bukan kemenag, kanwil, bahkan pusat.
Sekian tulisan saya yang sedikit ngawur ini sampai dengan tulisan ini dibuat emis masih mogok belum mau jalan.
terus berkary semangat dan jangan lupa untuk tetap bersama Allah dalam menjalni setiap detik kehidupan ini.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon