Rabu, 22 Mei 2019

Sambil Buka Puasa Bersama Forkamis Sepakat Gunakan Aplikasi Raport Arobi

Tags

Forkamis Gelar Buka Bersama dan Musyawarah Dengan Anggota - Rabu 22 Mei 2019 bertempat di rumah makan BAKSO KIKIL Mangkujayan Forkamis menggelar acara buka bersama serta musyawarah yang dihadiri oleh anggotanya yaitu para kepala madrasah ibtidaiyah swasta sekabupaten magetan. Acara yang bertajuk mempererat silaturahmi guna menggapai ridho Allah tersebut dimulai pukul 16.00 WIB. Nampak peserta sudah mulai hadir sejak awal sehingga acara tersebut bisa terselenggara tepat waktu.

Forkamis Gelar Buka Bersama dan Musyawarah Dengan Anggota

Dalam sambutanya ketua forkamis, Kushadi Santoso, S.Pd menuturkan bahwa penting sekali bagi kita untuk terus menjaga dan memperkuat silaturahmi kepada sesama terlebih lagi kepada sesama anggota forkamis. Beliau juga mengingatkan untuk terus mari berjuang menggapai ridho Allah, karena kunci utama keberhasilan dalam sebuah perjuangan adalah ridho ilahi.

Tidak banyak yang dibahas dalam acara tersebut karena acara tersebut berjalan secara santai, sambil menunggu berbuka, ada sedikit musyawarah terkait penggunaan aplikasi raport semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Sampai dengan saat ini masih belum ada ketentuan menggunakan model aplikasi raport yang seperti apa, padahal tidak banyak waktu yang tersedia mengingat bahwasanya raport harus segera dicetak pasca Penialain Akhir Tahun Semester genap ini.

Forkamis Gelar Buka Bersama dan Musyawarah Dengan Anggota

Seperti yang sudah kita ketahui semester lalu kemenag melalui direktorat KSKK madrasah menginstruksikan untuk menggunakan aplikasi raport digital (ARD) yang diciptakan oleh kementrian agama direktorat KSKK. Namun apa yang terjadi ? bukanya memudahkan guru dalam pengisian dan pencetakan raport jusrtu malah memperumit. Hal tersebut dikarenakan aplikasi yang pernah beredar menggunakan sistem aplikasi berbasis web yang mana harus terinstal dalam server local. Untuk menggunakanya komputer/laptop para guru harus tersambung dan terintegrasi dengan aplikasi ARD yang berada di komputer server lokal. Tidak hanya itu saja, aplikasi ARD tersebut juga masih jauh dari kata fixed. Masih terlalu banyak BUG yang harus dibenahi serta dikaji ulang.

Forkamis Gelar Buka Bersama dan Musyawarah Dengan Anggota

Informasi terakhir, bahwa untuk semester genap ini ARD telah merilis versi .2 yang berbasis VDI (Virtual Desktop Infrastructure).  Namun sampai saat ini khusus untuk madrasah ibtidaiyah belum ada informasi resmi mengenai release aplikasi, mekanisme, serta perintah untuk menggunakanya.

Hingga pada akhirnya pihak forkamis telah sepakat bersama-bersama pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 ini madrasah ibtidaiyah swasta di kabupaten magetan menggunakan aplikasi raport Arobi. Hal ini sangat logis daripada harus menunggu berlarut-larut hanya untuk mencetak sebuah raport alangkah lebih bijaknya jika menggunakan aplikasi yang sudah ada terlebih dahulu. Baru jikalau toh nantinya ada perintah resmi untuk menggunakan ARD ya tinggal kita salin dan masukan saja ke aplikasi ARD. Yang penting siswa dan wali murid bisa segera mengetahui hasil Penilain Akhir Semester Genap ini.

Setelah berbuka puasa bersama acara ditutup dengan doa dan dilanjut sholat magrhib berjam'ah di masjid mangkujayan.


EmoticonEmoticon